Headers

  1. Home
  2. Informatika
    1. Internet   »
      1. YM Versi Web
      2. Membuat Tabel Scroll
      3. Menulis HTML
      4. Miliki Blogspot
      5. Penamaan Co Cc
      6. Pasang Blogumulus
    2. Computer   »
      1. PDF Reader
      2. Mengetik 10 Jari
      3. Membuat Daftar Isi
      4. Rahasia Mengetik Pascal
    3. Cellular
    4. Story   »
      1. The Blogger
      2. People   »
        1. Bill Gates
        2. Marco Calasan
        3. Matsushita
        4. Albert Einstein
        5. Bob Buford
      3. Harley Davidson
    5. Culture   »
      1. Jakarta
      2. Objek Wisata Pandeglang
    6. Josh Adventure   »
      1. Reinkarnasi
      2. Pulau Seribu
  3. Study
    1. Josh Info
    2. Jadwal Kuliah   »
      1. Jadwal Semester III
      2. Jadwal Semester IV
    3. Materi Kuliah   »
      1. Materi Semester III  »
        1. Matematika Diskrit   »
          1. 24 October 2009
          2. 7 November 2009
          3. 21 November 2009
          4. 5 December 2009
        2. Basis Data   »
          1. 25 October 2009
          2. 8 November 2009
          3. 22 November 2009
          4. 6 December 2009
          5. Answer 6 Dec 2009
        3. Statistik   »
          1. 25 October 2009
          2. 8 November 2009
          3. 22 November 2009
          4. 6 December 2009
        4. Pemrograman C++   »
          1. 31 October 2009
          2. 14 November 2009
          3. 28 November 2009
        5. Bahasa Rakitan   »
          1. 1 November 2009
          2. 15 November 2009
          3. Answer 15 Nov 2009
          4. 29 November 2009
          5. Answer 29 Nov 2009
        6. Sistem Informasi   »
          1. 1 November 2009
          2. 15 November 2009
          3. 29 November 2009
      2. Materi Semester IV   »
        1. Pengenalan HTML
        2. Pemrograman Web
        3. Asitektur Komputer
        4. Grafik Komputer
        5. Otomata
    4. Modul   »
      1. Basis Data
      2. Pemrograman C++
      3. Sistem Informasi
  4. Bisnis
    1. Attempt
    2. Internet Marketing
    3. Affiliasi E-book
    4. Axis Asix
  5. Oase
    1. Penulis
    2. Belantara
    3. Setetes Embun   »
      1. Miracle
      2. Matahari
    4. Harapan Indah   »
      1. Pagi Itu
      2. Sepantasnya
      3. Harapan
      4. Variasi
      5. Pemburu
      6. Cobra
    5. Rona Buana   »
      1. Los Fedilas
      2. The Email
      3. Anita Swaradewi
      4. Aurora Jelita Sukma
      5. Anjani Indah Prewani
      6. Burung Hantu
      7. Kata Sederhana
  6. Download
    1. Joshaxis Appication
    2. Joshedukasi YM
    3. Joshatext
    4. Joshappy
    5. Joshun
    6. Kamus HP
  7. Game
    1. Game Catur (Chess)
  8. Link
  9. Contact

Friday, 2 July 2010

Pemrograman Web

Pemrograman Web
Pertemuan ke 1 
Agenda
 1. Konsep dasar web
 2. Arsitektur web
 3. HTTP, URL, DNS
 4. Client side programming
 5. Server side programming
 6. Web server software
 7. Konsep html

Konsep dasar web
 1. Suatu sistem di internet yang memungkinkan siapapun agar bisa menyediakan informasi. Dengan menggunakan tekonologi tersebut, informasi dapat diakses selama 24 jam dalam satu hari dan dikelola oleh mesin. Untuk mengakses informasi yang disediakan web ini, diperlukan berbagai perangkat lunak, yang disebut dengan web browser.
     a) Internet à Singkatan dari Interconnection Network ( The network of the networks). 
         i) Global network of computer network à sebuah jaringan komputer dalam skala global/mendunia. 
        ii) Berskala international à  komputer saling berkomunikasi. 
       iii) Terhubung melalui protokol TCP/IP. 
     b) Software à Disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. 
     c) Web browser à Dikenal juga dengan istilah browser, atau peselancar, atau internet browser 
         i) Adalah suatu program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatu komputer. 
        ii) Cotnoh: Internet Explorer, Netscpe, Firefox, Opera. 
       iii) Program browser pertama adalah Mosaic, yang merupakan suatu text browser.

Arsitektur web




HTTP, URL dan DNS
 a) HTTP (Hypertext Transfer Protokol)
     i) Suatu protokol yang menentukan aturan yang perlu diikuti oleh Web browser dalam meminta atau mengambil suatu dokumen,
        dan oleh Web server dalam menyediakan dokumen yang diminta untuk mengakses dokumen HTML. 
    ii) Contoh: http://www.detik.com 
 b) URL (Uniform Resourse Locator )
    i) Suatu sarana yang digunakan untuk menentukan lokasi informasi pada suatu Web server. 
   ii) URL dapat diibaratkan sebagai suatu alamat, dimana

alamat tersebut terdiri dari :
     - Protokol yang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil informasi.
     - Nama dari komputer di mana informasi tersebut berada, dan
     - Jalur serta nama file dari suatu informasi.

  iii) Contoh: http://www.dlanet.com/flash/index.html
     - http adalah protokol yang digunakan
     - dlanet.com adalah nama dari server komputer
     - flash adalah jalur dari informasi yang dicari
     - index.html adalah nama file dimana informasi itu berada.

 c) DNS
    i) Domain Name System (DNS)
Komputer-komputer di Internet menggunakan suatu format penamaan standar untuk mempermudah pengelolaan server komputer di Internet yang berkembang
dengan cepat. Sistem penamaan server komputer ini adalah Domain Name System (DNS). DNS membuat suatu tingkat-tingkat domain, yang merupakan kelompok
komputer-komputer yang terhubung ke Internet.

co.id / com - organisasi komersial
ac.id / edu - lembaga pendidikan
go.id / gov - lembaga pemerintah
net.id / net - provider internet
mil.id / mil - organisasi militer
or.id / org - organisasi umum
 

Client side programming
 a) Browser adalah ‘universal client’
     i) Proses dijalankan di browser 
    ii) Tidak melibatkan ‘transaksi’ besar 
   iii) Merespon secara cepat ‘aksi’ dari user
   iv) Interaksi dengan user, data yang ditampilkan tetap 
 b) Menyediakan GUI yang lebih capable
 c) Memindahkan functionality dari server ke client
 d) Java Script, flash 
 e) Keuntungan:
     i) Mengurangi network traffic, network delay, kesibukan server
    ii) Proses berjalan lebih cepat (lokalisasi proses)
   iii) Tidak memberatkan server
   iv) Meningkatkan functionality
    v) Lebih sederhana 
 f) Kerugian:
     i) Membutuhkan resource dan space di sisi client
    ii) Meningkatkan complexity of client environment
   iii) Meningkatkan complexity of web pages
   iv) Browser dependency
   v) Security

Server side programming
1. Berjalan di sisi server
2. Tidak memberatkan client
3. Browser Independent
4. Tidak memerlukan syarat khusus di sisi server
5. Akses ke file atau database di server
6. Didukung banyak bahasa pemrograman 

Web server software
a) Web server  à  suatu program yang memanfaatkan model client/server dan protokol HTTP, melayani penayangan suatu file dari server ke client. 
b) Contoh:
     i) Apache
    ii) Internet Information Server (IIS) 




H T M L
H T M L  :
•  HTML is a language for describing web pages.
•  HTML stands for Hyper Text Markup Language 
•  HTML is not a programming language, it is a markup language 
•  A markup language is a set of markup tags 
•  HTML uses markup tags to describe web pages 

H T M L Tags  :
•  HTML markup tags are usually called HTML tags 
•  HTML tags are keywords surrounded by angle bracketslike <html>
•  HTML tags normally come in pairs like <b> and </b> 
•  The first tag in a pair is the start tag, the second tag is the  end tag 
•  Start and end tags are also called opening tags and closing tags. 
• HTML Documents = Web Pages 
•  HTML documents describe web pages  
•  HTML documents contain HTML tags and plain text 
•  HTML documents are also called web pages 

HTML – Contoh
<html>
<head>
<title>Untitled Document</title>
<meta http-equiv="Content-Type“ content="text/html; charset=iso-8859-1">
</head>
<body>
</body>
</html>

Studi Kasus : Aplikasi E-Commerce

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan 
1. Tampilan Menarik 
2. Data dan Informasi Uptodate 
3. Koneksi Cepat 
4. Keamanan Terjamin 
5. Proses Bisnis Jelas 
6. Pelayanan Pasca Transaksi 

Perancangan E-Commerce
• Survey dan Analisa Kebutuhan 
   a) Hardware/ Software/ Personil 
   b) Data dan Informasi 
   c) Pihak-pihak yang Terlibat (aktor) 
   d) Proses Bisnis dan SOP 

• Disain Database
   a) Entity Relation Diagram (ERD) 
   b) Conceptual Model 
   c) Physical Model 

• Disain Sistem/ Aplikasi  
   a) Business Proccess Diagram (BPD) 
   b) Data Flow Diagram (DFD) 
   c) Site Map 
   d) Disain Tampilan 

• Pembangunan Database
• Pembangunan Aplikasi 
• Uji Coba dan Evaluasi 
   a) Quality Control 
   b) User Acceptance 

• Instalasi 
   a) Operating System 
   b) Web/ Database/ Mail Server
   c) Aplikasi 
• Pelatihan 
   a) Administrator/ Pengelola 
   b) Pengguna 
• Dokumentasi 
   a) Sistem, Trouble Shooting, Administrasi dll 
   b) User Manual 


SELESAI





Catatan Kuliah >> IF.11
RELATED POST
LIST


Silahkan berbagi dengan teman melalui tombol-tombol share ini...

  • Stumb
  • Icious
  • Tech
  • Twitt
  • F.B.
  • Redit
  • Google
  • Furl
  • Mixx
  • Design
  • B.Mark
  • B.List
  • Diigo
  Menea
This share facebook

0 komentar:

  • :))
  • ;))
  • ;;)
  • :D
  • ;)
  • :p
  • :((
  • :)
  • :(
  • :X
  • =((
  • :-o
  • :-/
  • :-*
  • :|
  • 8-}
  • :)]
  • ~x(
  • :-t
  • b-(
  • :-L
  • x(
  • =))
  • :p
Post a Comment

U Comment I Follow
Thanks For Your Comment....

Recent Post

Recent Post
Enter your email :   

Spiders

Spiders
Load Counter

Blog Terbaik Versi Crypton97.us

Dofollow

Dofollow
U comment I follow
Dofollow merupakan attribute Spider Search Engine u/ memberi backlink komentar terindex google. Silahkan berkomentar...
Bisa sambil beriklan...
-----------
JOSHAXIS
-----------

Copyright © 2010 by JOSHAXIS - Seize The Day | Powered by BLOGGER

Thank You Visitted Joshaxis